Begog: NGATEMI NGOPI BARENG GUS IPUL Harry Tjahjono – Penghayat Humor

Begog: NGATEMI NGOPI BARENG GUS IPUL Harry Tjahjono – Penghayat Humor

Harry Tjahjono
Penghayat Humor

Setahun sekali belum tentu Ngatemi ngajak Begog maupun Bejo menemaninya ke suatu tempat. Maka ketika Ngatemi mengajak mereka berdua pergi Ngopi Bareng Gus Ipul di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Begog dan Bejo langsung oke.

Sehari sebelum berangkat, Begog berharap Bejo mendadak kakinya keseleo atau lebih bagus lagi kalau diare. Begitu juga sebaliknya. Dengan begitu Begog bisa hanya jalan berdua Ngatemi. Begitu juga sebaliknya. Tapi sayangnya mereka berdua baik-baik saja, sehat walafiat seperti biasa, sehingga akhirnya  tetap jalan bertiga.

Acara Ngopi Bareng di Alun-Alun Sidoarjo itu judulnya Kirab Pemuda Lelang Bandeng. Unik dan menarik. Menurut Gus Ipul, selain udang windu, Sidoarjo dikenal sukses dalam budi daya ikan  bandeng. Selain perawatan yang relatif mudah, kebutuhan air payau yang memadai, juga jenis tanah tambak di Sidoarjo memang sangat baik untuk budi daya bandeng.

“Letak tambak bandeng di Sidoarjo yang dekat dengan kota, sehingga distribusinya juga mudah. Karena itu tambak bandeng Sidoarjo bisa maju pesat.

Apalagi secara geografis  Kabupaten Sidoarjo terletak berbatasan langsung dengan laut Jawa. Jadi sangat berpotensi air asin untuk mendukung aktivitas budidaya ikan bandeng ini," kata Gus Ipul.

Sidoarjo merupakan salah satu kota yang dilalui tour “Pesona Tlatah Jawa-timuran (PTJ) Ngopi Bareng Gus Ipul 2017". Sebuah safari budaya yang menegaskan bahwa Gus Ipul sebagai Wagub Jatim menaruh perhatian besar  pada sektor peternakan, pertanian dan perkebunan. Saat ngopi bareng di Kabupaten Situbondo, September 2017 lalu, misalnya, Gus Ipul ikut panen raya jagung. Di Kabupaten Pasuruan, Oktober 2017, Gus Ipul bahkan ikut makan bareng 3000 mangga gadung alpukat, unggulan Kabupaten Pasuruan.

Acara di Sidoarjo berlangsung sejak 30 November sampai 6 Desember, berupa rangkaian kegiatan Kirab Pemuda, bazaar kuliner, Sidoarjo Glow Run 2017, Parade Band, Festival Anak Kreatif, dan puncaknya Lelang Bandeng di Alun-Alun Sidoarjo yang akan dihadiri Gus Ipul. Oleh sebab itu Ngatemi memilih datang di hari terakhir, karena selain ingin bersalaman dengan Gus Ipul juga lantaran Ngatemi penggemar berat bandeng.

Begitu tiba di alun-alun, Begog dan Bejo tak henti berusaha paling dekat Ngatemi. Mereka bahkan sengaja mengajak Ngatemi  ke lokasi yang padat penonton. Dengan begitu Begog dan Bejo sesekali bisa merapat Ngatemi dan merasakan tsunami cinta yang membuat sekujur tubuh dan perasaannya tergempur gelombang asmara.

Lelang Bandeng Sidoarjo ini bertambaqh menarik karena dihadiri bintang tamu Anji, eks vokalis Drive Band dari Jakarta. Sayangnya, karena ada tugas mendadak ke Jakarta, Gus Ipul tidak bisa hadir. Tapi Ngatemi mengaku tidak kecewa.

“Kalau bisa bertemu dan salaman dengan Gus Ipul, tentu saja saya seneng. Tapi kalaupun tidak, bisa nonton Lelang Bandeng saja sudah luar biasa. Ini acara rakyat yang hebat. Menyaksikan ikan-ikan yang dilelang membuat saya teringat Ibu Susi, Menteri Kelautan dan Perikanan, yang hebat dan tidak kunjung bosan berkampanye agar orang Indonesia mengonsumsi ikan. Juga mengingatkan saya kepada Pak Jokowi yang sering ngasih tebak-tebakan nama ikan kepada anak-anak, agar mereka tahu bahwa di laut Indonesia yang kaya itu tersedia beragam jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Jadi kita tidak usah takut kurang gizi karena kurang makan daging. Indonesia ini sangat kaya ikan. Jadi tidak perlu makan keong,” kata Ngatemi seraya menggandeng lengan Begog dan Bejo dan mengajaknya ke tempat yang lebih padat penonton.

Klepek-klepek, begitulah Begog dan Bejo. Ah…, Ngatemi ‘ncen auuw!

Itu kata Begog. Bukan sayaa….***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *