BEJO: JOKOWI YANG MASIH BODOH Harry Tjahjono

BEJO: JOKOWI YANG MASIH BODOH Harry Tjahjono

Harry Tjahjono
Penulis

BEJO:
JOKOWI YANG MASIH BODOH
Harry Tjahjono

Pada Juni 2011, Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan Walikota Solo Joko Widodo sebagai bodoh karena berani menentang rencana gubernur membangun mal di lahan pabrik es Saripetojo di kawasan Purwosari, Solo. Rencana Bibit ditentang Jokowi karena di sekitar Saripetojo terdapat pasar tradisional. Menurut Jokowi, pembangunan pusat perbelanjaan akan mematikan pasar tradisional tersebut. Bibit pun sontak mengatakan Jokowi bodoh karena Solo merupakan bagian dari Jawa Tengah.

Tapi, reaksi Jokowi dikatakan tetap kalem. “Iya, saya itu memang masih bodoh. Masih harus banyak belajar ke banyak orang. Dibilang begitu ya nggak apa-apa," kata Jokowi di Balaikota Surakarta, Senin (27/6/2011) kepada Detik.com.

Menurutnya, penolakan Pemkot Surakarta terhadap pendirian mal di lokasi bekas pabrik es Saripetojo adalah untuk membatasi maraknya pasar modern. Dia mengatakan sebelumnya telah ada 12 kali pengajuan pendirian mal dari sejumlah pihak yang tidak disetujui. Karena Pemkot Surakarta berkomitmen harus memikirkan keberadaan pasar tradisional.

Ketika terpilih jadi Gubernur DKI dan kemudian jadi Presiden RI, Jokowi tetap konsisten untuk merevitalisasi pasar tradisional sebagai lumbung ekonomi rakyat. Ia bahkan menargetkan merevitalisasi 5.000 pasar tradisional di masa lima tahun pemerintahannya.

Bagi wong cilik seperti saya, revitalisasi pasar tradisional tentu penting dan perlu. Tapi, penting dan perlu juga menyimak reaksi Walikota Solo Jokowi ketika disemprot Gubernur Jateng dengan santai menjawab, “Iya,
saya memang MASIH BODOH."

Faktanya, mereka yang jujur mengaku masih bodoh, lazimnya berpeluang untuk menjadi pintar–bahkan jadi Presiden. Sedangkan mereka yang merasa sok pinter, lazimnya cenderung keblinger.

Demikian BEJO–BEgitulah JOkowi. *

1 Komentar

  1. Orang pintar yg sesungguhnya adalah orang yg selalu merasa dirinya bodoh shg harus selalu terus belajar dan orang orang bodoh orang2 yg selalu merasa dirinya pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *