Golkar: Empat Parpol Pasti Usung Khofifah di Pilkada Jatim

Golkar: Empat Parpol Pasti Usung Khofifah di Pilkada Jatim

 JAKARTA — Partai Golkar mengklaim beberapa partai politik (Parpol) sudah pasti akan berkoalisi untuk mengusung Khofifah Indarparawansa sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur. Lima Parpol tersebut adalah Nasdem, Hanura, Demokrat dan PPP

“Sudah pasti. (Koalisinya itu) Nasdem,  Hanura, Golkar, Demokrat, PPP. (Demokrat juga) Pasti," ujar Ketua bidang Hubungan Legislatif Eksekutif dan Lembaga Politik Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Muhammad Yahya Zaini di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta pada Rabu (18/10).

Yahya bahkan mengungkap, sudah ada pembicaraan resmi antar beberapa partai tersebut. Partai tersebut juga kaya Yahya, sudah pasti mengusung Khofifah Indarparawansa sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur.

“Sudah, kalau dengan Khofifah sudah. Sudah pasti," katanya.

Namun demikian, memang belum disepakati nama untuk calon wakil pendamping Khofifah. Menurutnya, untuk pemilihan calon wakil gubernur tersebut memang diserahkan kepada Khofifah sendiri, namun demikian partai koalisi tetap memberi masukan.

“Belum ya, tentu dua-duanya. Partai koalisi memberi masukan dan pada akhirnya yang bersangkutan yang akan memilih karena soal kecocokan dan tentu faktor pertama peluang untuk menang baru kecocokan," katanya.

Ia pun mengatakan kepastian nama-nana tersebut akan diputuskan pada awal November. “Ya diharapkan awal November sudah ada keputusan," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham meyakini Khofifah Indar Parawansa mampu unggul di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2018. Kemampuan Khofifah sebagai aktivis sosial dinilai menjadi modal kuat dalam menaikkan elektabilitasnya.

Idrus juga mengatakan sudah ada tiga parpol yang dipastikan mendukung Khofifah sebagai kandidat calon gubernur (cagub) Pilkada Jatim 2108. Ketiga parpol itu yakni Golkar, Partai Nasdem dan Hanura.

Selain itu, komunikasi dengan sejumlah parpol lain, seperti PPP dan Partai Demokrat juga sedang dijalin secara intensif.Selain menggalang dukungan parpol, kata Idrus, saat ini Khofifah juga sedang intensif bertemu dengan sejumlah ulama. Khofifah melakukan sosialisasi atas pencalonannya sebagai cagub dan meminta masukan kepada kalangan kyai tersebut.

 

REPUBLIKA.CO.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *