Suaminologis: ISTRI TIDAK LUCU by HARRY TJAHJONO Penghayat Humor

Suaminologis: ISTRI TIDAK LUCU by HARRY TJAHJONO Penghayat Humor

Harry Tjahjono
Penghayat Humor

———————————————————————————————————————————
Suaminologis adalah ranting disiplin ilmu bermetodologi humor tentang kehidupan berumahtangga akibat suami-no-logis alias ‘bocor alus’. Selebihnya you know lah.
———————————————————————————————————————————

Barusan, sebelum brangkat kuliah, Krisna gabung upacara ngopi di teras samping kolam ikan. Trus nanya, “Bokap kenapa sih kok apa saja dianggap lucu?"

“Untuk menunda kemarahan. Untuk latihan mengendalikan emosi. Supaya nggak stress," kata saya, seperti biasa, berusaha menjawab filosofis agar menimbulkan kesan gimanaaa gitu.

“Tapi kan gak semua orang nganggap semua itu lucu? Kalau dianggap lucu kan malah marah. Tapi kalau bokap dianggap lucu kenapa nggak marah sih?" kejarnya.

Sàya terpaksa merumitkan jawaban, “Ya nggak apa-apa. Bersyukur saja. Seperti saya juga bersyukur ketika melihat ciptaan Tuhan yang menurut saya lucu. Menurut saya Tuhan itu Mahahumoristik. Lihat saja itu ular, kok nggak dikasih kaki. Gajah dan kuda nil yang serem banget itu makanannya kok sepele amat, rumput. Di mata saya itu lucu, walaupun menurut kamu serem atau biasa saja"

“Tapi bagaimana kalau itu membuat Tuhan marah?" desak Krisna.

“Ya apaboleh buat. Seperti kalau kita dikasih rejeki, kalo dimarahi ya harus kita terima saja. Tapi selama ini baik-baik saja. Melihat sesuatu Itu lucu atau tidal lucu kan soal bagaimana kita mengapresiasinya. Mama kamu, misalnya. Di mata saya, Mama kamu itu selain cantik juga…."

Istri saya mendadak menyela, “Sudahlah, Pak! Masih pagi kok ngajarin yang enggak-enggak!"

Saya langsung diam. Padahal, saya mau bilang bahwa selain cantik juga baik hati. Tapi sudahlah. Modal jadi suami itu tidak hanya kesabaran dalam dada, tapi dari ujung rambut sampai jempil kaki, jempil itu ujungnya jempol.

Melihat Mamanya sewot, Krisna tau gelagat, cium tangan kami dan bergegas berangkat. Jadinya dia nggak tau kalo orangtuanya bahagiaaa… *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *