Mengapa Setelah Menikah Wanita Cenderung Lebih Gemuk?

Mengapa Setelah Menikah Wanita Cenderung Lebih Gemuk?

Jakarta – Menjelang pernikahan, umumnya wanita mempersiapkan diri dengan perawatan dan melakukan diet. Selain itu, berbagai pantangan makanan juga diterapkan oleh sebagian wanita karena terkait tradisi dan kepercayaan budaya. Alhasil, tak sedikit pengantin wanita tampak berbeda atau manglingi ketika hari pernikahan.

Namun, penampilan baru tersebut biasanya tidak bertahan lama. Sebab, sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak wanita yang mengalami peningkatan bobot tubuh setelah berumahtangga. Sebenarnya, apa sih penyebab berat badan wanita meningkat setelah menikah? Berikut uraiannya:

1. Hamil
Pasca melahirkan tubuh wanita mengalami perbedaan yang signifikan. Maka dari itu, tak heran usai melahirkan bobot tubuh wanita jadi jauh lebih berat dari sebelumnya.

2. Jarang ada waktu untuk diri sendiri
Penting bagi wanita untuk memiliki waktu me time meskipun sudah menikah. Setelah menikah, banyak wanita yang tidak punya kesempatan untuk menikmati me time. Alasannya, mulai dari sibuk bekerja dan mengurus keluarga . Alhasil, mereka lupa untuk merawat diri.

3. Tak ada lagi program diet ketat
Semenjak menikah, maka prioritas hidup seorang wanita pun berubah drastis. Kondisi ini semakin nyata saat memiliki anak, tak jarang wanita melupakan program diet ketat yang dilakukan saat melajang dahulu.

4. Makanan 
Ada perbedaan besar mengenai kualitas makanan yang dimasak sendiri dan yang dibeli di restoran atau warung makan. Jika memasak sendiri, setidaknya Anda dapat mengontrol bahan dan kandungan makanan. Sebaliknya, makanan yang dibeli di restoran dan warung, biasanya mengandung bahan atau bumbu yang berlebihan demi citarasa yang lebih sedap.

Jadwal padat dan sibuk mengurus keluarga, membuat banyak wanita memilih makanan dari luar karena alasan yang lebih praktis dan tidak merepotkan. Akhirnya, hal ini berimbas pada berat badan yang mengalami peningkatan.

5. Jarang bergerak dan berolahraga
Ubahlah kebiasaan buruk ini. Ingat, melakukan pekerjaan rumah hanyalah aktivitas yang menuntut banyak gerakan, berbeda dengan olahraga yang bertujuan untuk membentuk bagian tubuh tertentu.

Hal yang terpenting pasca menikah bagi wanita adalah tetap mencintai dirinya sendiri. Meski memiliki keluarga sebagai prioritasutama, tapi merawat diri sendiri juga penting dan bagian dari penghargaan untuk diri sendiri.

 

SILVITA AGMASARI
Kompas.com – 24/07/2015, 10:33 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *